Pengrajin Garut yang menembus dunia

 Nama:Nahdia Sausan Mahiroh 

Sekarang ini,siapa yang tak kenal mang Samad,pengrajin sandal kulit dari Garut?Ia sering sekali diundang di acara temu wirausaha untuk menjadi pembicara dan pemberi motifasi bagi para wirausahawan muda.memang,kerja keras mang Samad patut dicontoh.Tak banyak wirausahawan kecil seperti dirinya yang bisa berkembang hingga terkenal di mancanegara.

Dahulu,mang Samad hanya seorang penjaja sandal kulit keliling .Ia berjalan dari desa ke desa,kemudian memberanikan diri pergi ke Jakarta untuk menjajakan sandal kulit yang diambilnya dari pabrik.

tak puas jika hanya menjajakan ,mang Samad pun belajar membuat sandal.keterampilan dasar memproses dan menjahit kulit sudah mang Samad miliki,karena tempat tinggalnya merupakan desa pengrajin sandal.mang Samad hanya memperluas keterampilan dengan belajar membuat pola sandal,belajar mengenal aneka bahan mentah akan pengetahuan minat pembeli dari pengalamannya berjualan .

Belajar yang tak pernah henti ,membuat usaha yang dirintis mang Samad terus berkembang.beda dengan produk sandal Garut yang model bahannya tak berubah dari waktu ke waktu.

Suatu ketika. Datang kesempatan bagi wirausahawan kecil di Garut Untuk ikut memperkenalkan produk khasnya disebuah pameran produk karya INDONESIA di Jakarta .Mang Samad berusaha keras untuk ikut dalam pameran ini .Ia bahkan mencari informasi membuat brosur yang menarik.

Postingan populer dari blog ini

Dawet Ayu Banjar Negara

Rangkuman Pesawat Sederhana Kelas 6 (enam) SD

Dawet ayu Banjarnegara