Rangkuman IPA Revolusi

Anggota kelompok: Anzila, Safwana, dan Dimas

~Revolusi Bumi dan Pengaruhnya~
Sumbu
Rotasi: Perputaran bumi pada sumbunya.
Bumi berputar pada sumbunya dengan arah timur.
Apakah bumi hanya berotasi? Jawabannya tidak, bumi juga bergerak mengelilingi matahari membentuk sebuah jalur yang berbentuk elips yang kita kenal dengan orbit.
Revolusi: pergerakan bumi mengelilingi matahari.

*Dampak dari revolusi bumi
Suhu bumi tidak tegak lurus melainkan tegak miring dan untuk satu kali revolusi : 365 hari: 1 tahun karena suhu bumi sedikit miring tadi mengakibatkan musim masing-masing kutub yaitu kutub Utara dan kutub selatan. Secara bergantian Condong kearah matahari yang mengakibatkan yang berbeda-beda. Belahan bumi Utara dan belahan bumi selatan terjadi 4(empat) jenis musim. Keempat musim ini datang seiring berganti secara beraturan. Jarak matahari tepat berada diatas kepala kita, kita menyebutnya sebagai matahari tegak lurus. Tanggal 21 Maret belahan bumi Utara dan Selatan mendapatkan penyinaran matahari dalam jumlah yang sebanding. Pada saat seperti ini belahan bumi Utara berdasarkan pada awal musim semi dan belahan bumi selatan berada pada awal musim gugur. Tanggal 21 Juni matahari tepat berada di Utara dan kemudian berangsur-angsur bergerak ke arah selatan akibatnya belahan bumi Utara berada pada puncak musim dingin. Tanggal 23 September matahari tegak jatuh pada garis khatulistiwa kembali. Pada saat seperti ini belahan bumi Utara mengalami awal musim gugur dan belahan bumi selatan menerima sinar matahari tambahan. Pada saat seperti ini belahan bumi Utara mengalami puncak musim dingin dan belahan bumi selatan mengalami puncak musim panas.

#Kesimpulannya
Selain berotasi bumi juga berevolusi dan salah satu dampak dari yang diakibatkannya adalah terjadi musim panas, musim dingin, musim gugur, dan musim semi.

Postingan populer dari blog ini

Dawet Ayu Banjar Negara

Rangkuman Pesawat Sederhana Kelas 6 (enam) SD

Dawet ayu Banjarnegara